Senin, 21 Februari 2011

PRESTASI SISWA SMP 3 PATI DI BIDANG KESENIAN

Upaya peningkatan prestasi siswa di SMPN 3 Pati di bidang kesenian terus meningkat. Upaya yang paling utama dilakukan oleh sekolah adalah membagi kelas 7 menjadi beberapa kelas bakat. Alat-alat musik pun telah diperbaiki dan ditambah. Ada tambahan 30 gitar dan satu drum di ruang seni musik. SMPN 3 Pati pun baru saja mendatangkan Alat Gamelan yang baru. Oleh karena itu, SMPN 3 Pati saat ini mempunyai 2 alat gamelan yaitu terdiri dari Pelog dan Selendro. Tidak hanya peralatan musik, sekolah pun membuat ruang kesenian di dekat lab elektronika yang baru. Tetapi, sementara ini ruang kesenian ditempatkan di lab IPS yang secara otomatis ruang itu menjadi 2 fungsi. Sedangkan kegiatan seni tari, di tempatkan di aula bawah, karena aula di SMP N 3 Pati ada 2, jadi otomatis yang 1 buat seni tari.
Upaya yang telah dilakukan ini, telah membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Prestasi siswa SMPN 03 PATI diantaranya adalah juara 3 pada tahun 2010 dalam rangka festival band kabupaten Pati di SMA 2, dan juga mendapat juara I dalam festival band yang lain. Selain itu, kelompok gamelan yang sebagian besar anggotanya adalah siswa kelas 8A, juga menjadi bagian dari pembuka acara lomba olimpiade SMP RSBI se-Jateng di Pendapa Kabupaten Pati. Selain gamelan, tari juga bagian dari pembukaan RSBI se-Jateng. Dan yang sangat membanggakan sekali adalah dalam lomba melukis. SMPN 3 Pati pernah mendapat juara 1 tingkat International pada sekitar tahun 1990.



Meningkatnya prestasi siswa juga berkat bimbingan bapak ibu guru kesenian yang dengan ikhlas membina anak didiknya. SMPN 03 PATI mempunyai satu guru seni rupa, satu guru seni tari, satu guru gamelan yang juga menjadi guru Bahasa Jawa, dan dua guru seni musik yang siap mendidik siswanya demi meningkatkan prestasi SMPN 3 Pati.
Pelajaran kesenian di SMP N 3 Pati kini sudah sangat berkembang pesat. Kini siswa SMP N 3 Pati sudah bisa mengikuti pelajaran kesenian dengan cepat dan mengerti.


Maka dari itu alasan dari SMP N 3 Pati untuk terus menambah alat – alat kesenian dengan jumlah yang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar