Minggu, 20 Februari 2011

Contoh Naskah Moderator "Internet Bagi Pandangan Masyarakat dan Manfaatnya"

Yang kami hormati saudara Muhammad Nur Rasyid selaku pemakalah I ,
Yang kami hormati pula saudara Ahmad Radinal Akbar selaku pemakalah II,
Yang kami hormati pula saudara Bagus Nugroho Andriadi selaku pemakalah III,
Yang kami hormati pula saudara Bima Satria Aji selaku pemakalah IV,
Yang kami hormati pula saudara Dani Ilman Naviamgga selaku pemakalah V,
Yang kami hormati pula saudara Satriyo Nugroho selaku pemakalah VI,
dan teman - teman peserta seminar tentang “ Internet Bagi Pandangan Masyarakat dan Manfaatnya”

Assalamualaikum Wr. Wb

Teman - teman yang kami hormati, sebagimana tercantum dalam undangan , seminar sehari tentang “Internet Bagi Pandangan Masyarakat dan Manfaatnya” Untuk itu semua tentu sangat membutuhkan informasi sekaligus sebagai upaya menyamakan peersepsi sehingga tidak menimbulkan masalah baru yang justru menjauhkan kita dari konsep Internet ditinjau dari dunia pendidikan sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Sebelum memasuki masalh intinya, baiklah kami perkenalkan dahulu para pemakalah yang akan berbicara tentang “Internet Bagi Pandangan Masyarakat dan Manfaatnya” buah pikiran dan pendapatnya.
Pertama, di sebelah kanan kami adalah Muhammad Nur Rasyid yang sebagai Ketua penyaji dan pencari informasi dari para narasumber. Pekerjaan sehari-hari ialah sebagai pelajar di SMP N 3 Pati.
Selanjutnya yang kedua, duduk di sebelah kiri ialah Ahmad Radinal Akbar. Ahmad Radinal Akbar sebagai penjari informasi dari para narasumber.Ahmad Radinal Akbar juga sebagai pelajar di SMP N 3 Pati.
Setelah kami perkenalkan satu-persatu para pemakala maka kami sampaikan beberapa ketentuan sebagai berikut:
1. Pemakalah hanya kami beri waktu baca selama empat puluh lima menit.
2. Selama pembacaan makala tidak ada interupsi.
3. Pada saat berdiskusi, tiap babak kami berikan kepada lima penanya.
Demikian aturan yang akan kita pakai. Selanjutanya segera kami berikan kesempatan untuk pemakala pertama, untuk itu yang terhormat Muhammad Nur Rasyid kami persilahkan!

***** PEMBACAAN MAKALA OLEH Muhammad Nur Rasyid *****

Sebelum sampai pada acara diskusi, selanjutanya kami serahkan kepada Ahmad Radinal Akbar untuk membacakan makala kedua.
Ahmad Radinal Akbar kami persilahkan!

***** PEMBACAAN MAKALA OLEH Ahmad Radinal Akbar *****

Hadirin yang kami hormati. Demikianlah kedua makala telah dibawakan dengan baik oleh muhammad Nur Rasyid dan Ahmad Radinal Akbar. Simpulan dari kedua makalah tersebut kiranya dapat kami sampaikan sebagai berikut :
1. Masalah Pemanfaatannya dan Pandangan Internet bagi Masyarakat yang dibilang Internet sebagai dampak negatif.
2. Masalah dampak negatif itu tergantung pemakainya.Bila di manfaatkan berdampak negatif tapi kalu untuk yang tidak – tidak berdampak negatif.

Dengan simpulan tersebut tidak berlebihan jika teman - teman ikut serta menanggapi sekaligus memberikan sumbangan pemikiran melalui forum diskusi ini. Untuk itu segera saja kami buka babak pertama lima penanya. Sebelum itu kami harap setiap penanya menyebutkan identitasnya sebelum membacakan pertanyaan. Terima kasih, persilahkan!

***** SELANJUTNYA DI BAWAH PIMPINAN MODERATOR ATAU PEMBAWA ACARA DISKUSI BERJALAN SEBAGAIMANA YANG DIATUR OLEH TATA CARA DISKUSI YANG DISEBUTKAN OLEH pembawa SEBELUM ITU *****

Teman – teman sekalian, demikianlah acara diskusi ini. Sebelum kami tutup baiklah kami mencoba menyimpulkan keseluruhan kegiatan ini sebagai berikut :
1.Masalah Pemanfaatannya dan Pandangan Internet bagi Masyarakat yang dibilang Internet sebagai dampak negatif harus diperhatikan.
2. Berbagai pihak ikut bertanggungjawab terhadap upaya cara pemanfaatan Internet sesuai dengan
batasan-batasan yang berlaku.

Sebagaimana kami sampaikan pada awal acara ini maka teman - teman yang belum memperoleh jawaban melalui diskusi ini akan kami upayakan menjawabnya melalui surat, yang tentunya akan diatur lebih lanjut.
Selaku moderator kami sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Muhammad Nur Rasyid dan Ahmad Radinal Akbar atas peran sertanya. Kepada teman - teman kami mohon maaf jika kurang atau tidak memuaskan. Sepenuhnya acara kami akhiri dan kami kembalikan kepada Saudara pembawa acara.

Terima kasih dan wassalamualaikum wr. wb.

1 komentar: